Cerita-cerita hikmah yang diharapkan menjadi motivasi untuk menggugah iman dan menyejukkan hati

Setiap Makhluk Ada Manfaatnya Sekalipun Kumbang

Alkisah, pada jaman dahulu ada seseorang yang meremehkan kumbang. Katanya, "Ini makhluk yang jelek rupanya, baunya busuk, apa yang Tuhan inginkan dengan menciptakan makhluk sejelek ini?"

Kemudian Allah memberikan cobaan atas dirinya, berupa luka yang setiap dokter tidak mampu mengobatinya, sehingga ia merasa putus asa. Lalu ia mendengar bahwa ada seorang tabib yang tinggal di sebuah gang, maka ia berkata, "Panggil ia kemari agar bisa melihat keadaanku!"

Keluarganya bertanya padanya, "Apa yang harus kami lakukan dengan tabib itu, padahal dokter yang ahli saja tidak mampu mengobatimu?"
"Kalian harus membawa dia kemari!" katanya meminta.

Kemudian mereka membawa tabib tersebut. Setelah tabib memeriksa lukanya, maka ia meminta dicarikan kumbang. Mendengar permintaanya, tertawalah semua yang hadir. Akan tetapi, si pasien tadi teringat peristiwa yang telah lama terjadi ketika ia melihat seekor kumbang. Maka berkatalah ia pada keluarganya, "Carikan apa yang ia minta, karena ia memiliki mata hati yang tajam".

Lalu mereka pun mencari kumbang. Kumbang tersebut dibakar dan abunya ditaburkan pada luka si pasien, maka dengan izin Allah lukanya pun sembuh. Kemudian si pasien yang baru sembuh berkata pada semua yang hadir, "Ketahuilah! Sesungguhnya Allah ingin menunjukkan padaku bahwa pada diri makhluknya yang paling hina sekalipun, terdapat obat penawar yang mujarab. Dia Maha Bijaksana lagi Maha Waspada".


@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Setiap Makhluk Ada Manfaatnya Sekalipun Kumbang